Welcome to Prime Plus Medical

Opening : 24/7
  Contact : +6281237387131

Pindah Faskes BPJS Kesehatan Kini Lebih Mudah

Pindah Faskes BPJS Kesehatan Kini Lebih Mudah

Pada umumnya, ketika anda mendaftar menjadi peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Soaial) Kesehatan, pihak BPJS Kesehatan akan meminta anda untuk memilih fasilitas kesehatan (faskes) yang terdekat dari tempat tinggal anda. Faskes terdekat yang ditunjuk  adalah faskes tingkat 1 meliputi puskesmas, klinik kesehatan, atau dokter pribadi yang bekerjasama dengan BPJS.

Faskes tingkat 1 menjadi tempat yang harus dikunjungi peserta BPJS kesehatan untuk mendapatkan penanganan pertama. Faskes 1 juga akan memberikan rujukan ke rumah sakit jika kondisi peserta BPJS harus mendapatkan pengobatan dan pelayanan dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Namun, jika anda harus pindah tempat tinggal, atau pindah pekerjaan ke lokasi yang jauh dari faskes BPJS Kesehatan sebelumnya, anda harus segera mengganti faskes lama anda ke lokasi faskes yang terdekat.  Sebagai contoh, misalnya anda adalah peserta di klinik BPJS Kesehatan di Denpasar Bali, namun anda baru saja pindah rumah ke daerah Canggu, Kabupaten Badung. Sebaiknya anda segera mengganti faskes anda ke faskes BPJS Badung.

Contoh lain misalnya, anda merupakan peserta BPJS yang kerap mendatangi klinik gigi BPJS, namun, anda kurang puas terhadap pelayanan klinik anda sebelumnya. Anda juga bisa segera mengganti faskes anda ke faskes yang baru.

Masalahnya, sebagaian orang mengganggap bahwa pindah faskes BPJS Kesehatan tidak mudah. Banyak yang berasumsi bahwa proses perpindahan faskes ini rumit, dan menyusahkan, sehingga tidak sedikit yang mengurungkan niat nya untuk mengganti faskes.

Padahal, proses penggantian faskes BPJS Kesehatan tidak lah serumit yang anda bayangkan. Ada dua cara yang bisa  dilakukan untuk mengganti faskes BPJS Kesehatan anda, yaitu melalui aplikasi BPJS online, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan mendatangi faskes yang anda kehendaki secara langsung.

Berikut cara mudah untuk pindah faskes BPJS Kesehatan tingkat 1 secara online :

Siapkan ponsel pintar anda.

2. Unduh aplikasi JKN di Playstore atau Appstore.

3. Daftarkan data anda, seperti nomer BPJS, KTP, e-mail dan sebagainya.

4. Pilih menu “Ubah data peserta”

5. Tunggu konfirmasi dan verifikasi.

Setelah mendaftarkan diri melalui aplikasi, mengisi data pribadi, dan mengubah data peserta, anda harus menunggu konfirmasi dari pihak BPJS Kesehatan. Perlu diketahui, bahwa proses verifikasi membutuhkan waktu. Anda tidak bisa langsung menggunakan faskes terbaru anda. Faskes baru anda akan aktif setidak nya pada bulan berikutnya. Namun, jangan khawatir, anda tetap bisa menggunakan faskes lama anda sembari menunggu proses verifikasi ke faskes baru.

Namun, tak sedikit juga peserta BPJS Kesehatan yang memilih pemindahan faskes menggunakan cara offline, yaitu mendatangi langsung klinik BPJS yang dituju. Berikut cara mudah melakukan pindah faskes BPJS Kesehatan tingkat 1 secara offline :

1. Siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan :

– KTP

– Kartu peserta BPJS Kesehatan.

– Kartu Keluarga.

– Khusus PNS, TNI, POLRI dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) siapkan daftar kolektif gaji.

– Bukti pembayaran dari awal sampai yang terakhir, fotokopi buku rekening bagi anda yang ingin pindah kelas dari kelas 3 menjadi kelas 1 atau 2.

– Surat keterangan domisili, kuliah, atau kerja.

2. Kunjungi kantor BPJS yang terdekat dengan tempat tinggal anda.

4. Isi formulir sesuai data yang diminta secara benar. Proses pengisian formulir ini bisa dilakukan langsung di kantor BPJS Kesehatan, atau di rumah.

Setelah semua kolom data terisi, serahkan formulir tersebut kepada petugas yang bertugas di loket.

Klinik 24 Jam Terbaik di Canggu

Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan sebelum anda mengganti faskes BPJS Kesehatan. Selain memilih faskes terdekat dari tempat tinggal, anda juga harus memperhatikan kualitas pelayanan di faskes atau Klinik BPJS pilihan anda.

Berikut merupakan tips yang bisa anda ikuti dalam memilih Klinik BPJS terbaik :

1. Pilihlah faskes tingkat 1 yang buka 24 jam.

Hal ini penting diperhatikan mengingat tidak semua klinik BPJS yang membuka pelayanan selama 24 jam. Beberapa di antaranya hanya melayani pasien sampai sore hari, atau mengikuti jam kantor (office hour). Sebaiknya anda memilih faskes yang melayani peserta selama 24 jam, agar anda mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal.

2. Pilihlah faskes yang menyediakan fasilitas lengkap.

Setiap faskes yang bekerjasama dengan BPJS memiliki standar fasilitas yang berbeda. Bagi anda yang menginginkan pelayanan terbaik, disarankan memilih faskes yang memiliki fasilitas lengkap, seperti, tersedianya pemeriksaan laboratorium, radiologi, dan fasilitas penunjang lainnya.

3. Pilihlah faskes yang memiliki klinik gigi.

Karena klinik gigi termasuk dalam daftar pelayanan kesehatan favorit masyarakat. Jadi, bagi anda yang rutin memeriksakan kesehatan gigi, pilihlah faskes yang menerima pasien klinik gigi BPJS. Klinik gigi juga menjadi standar kualitas pelayanan fasilitas kesehatan.

Bagi anda peserta BPJS yang tinggal di kawasan Canggu, Badung, anda bisa mengunjungi Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) yang berlokasi di Jalan Subak Sari Nomer 90-A, Banjar Dinas Tegal Gundul Canggu. Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) merupakan klinik yang memiliki standar pelayanan internasional yang menerima peserta BPJS Kesehatan. Selain menawarkan pelayanan terbaik, Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) beroperasi selama 24 jam, dan menyediakan fasilitas klinik gigi.

Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) menjadi mitra kesehatan masyarakat, khusus nya bagi yang membutuhkan pelayanan kesehatan di seputaran Canggu, Badung. Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) menyediakan fasilitas lengkap, seperti laboratorium, klinik gigi dan fasilitas lainnya yang didukung oleh tenaga medis professional yang terlatih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
× How can I help you?