Welcome to Prime Plus Medical

Opening : 24/7
  Contact : +6281237387131

Klinik BPJS di Bali untuk Faskes BPJS Badung

Iuran BPJS Naik, Pilih Layanan Faskes BPJS Terbaik Untuk Anda

Baru-baru ini, pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Berdasarkan Perpres 75 tahun 2019 pemeritah menetapkan kenaikan sebesar 100 persen untuk iuran BPJS Kesehatan yang mulai berlaku pada 1 Januari 2020 mendatang.

Kenaikan ini berlaku untuk semua kelas peserta BPJS. Peserta kelas I naik dari Rp. 80 ribu per bulan menjadi Rp. 160 ribu, peserta kelas II naik dari Rp. 55 ribu menjad Rp. 110 ribu, dan peserta kelas III naik dari Rp. 25.500 menjadi Rp. 42 ribu.

Sebenarnya kenaikan itu tidak terlalu membebankan asalkan diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan untuk peserta BPJS. Namun, bagi anda yang merasa keberatan terhadap kenaikan iuran ini, anda bisa pindah kelas atau menurunkan kelas layanan BPJS yang lebih murah.

Perpindahan kelas ini bisa dilakukan satu bulan setelah pelunasan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Misalnya anda ingin melakukan perpindahan kelas dari kelas I ke kelas II, perubahan pelayanan ini baru berlaku pada bulan berikutnya.

Namun ada syarat yang harus diikuti untuk melakukan pindah kelas yaitu:

  • Penurunan kelas BPJS Kesehatan hanya dapat dilakukan untuk peserta mandiri atau pekerja bukan penerima upah (PBPU), seperti petani, nelayan, supir, ojek, pedagang, dan pekerja lainnya yang sejenis. Kelas BPJS Kesehatan untuk pekerja penerima upah akan dipilih oleh pihak BPJS.
  • Peserta bisa melakukan pindah kelas jika telah menjadi peserta BPJS Kesehatan selama 1 tahun, atau 12 bulan setelah proses perpindahan kelas sebelumnya.
  • Penurunan kelas berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar dalam kartu keluarga.
  • Perpindahan kelas bisa diproses setelah peserta melakukan iuran pada bulan pelaporan.

Dokumen yang harus disiapkan:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Kartu BPJS Kesehatan.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Mengisi formulir perubahan data lengkap dengan materai.

Cara ini dapat anda terapkan jika ingin mendapatkan kelas yang lebih murah. Namun bagi anda yang tidak ingin melakukan penurunan kelas, sebaiknya memilih fasilitas kesehatan (Faskes) BPJS yang menyediakan pelayanan maksimal dan berkualitas.

Pilihlah faskes tingkat 1 yang sudah melakukan kerjasama dengan BPJS, sehingga anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Faskes tingkat 1 antara lain puskesmas, poliklinik, praktek dokter, rumah sakit kelas D pratama atau yang setara.

Memilih Faskes Tingkat 1 Terbaik

Saat ini banyak faskes yang sudah bekerjasama dengan BPJS. Anda bisa menemui klinik BPJS yang tersebar di setiap wilayah kabupaten atau kota. Namun, sebelum menentukan pilihan, ada baiknya anda mengiti tips untu k memilih faskes tingkat 1 yang tepat untuk anda dan keluarga, sebagai berikut:

  1. Pilih Faskes Terdekat Dari Tempat Tinggal Anda

Pilihlah faskes BPJS yang terdekat dari tempat tinggal anda.  Pastikan klinik BPJS tersebut mudah diakses oleh anggota keluarga anda. Memilih klinik BPJS terdekat memudahkan anda ketika memerlukan pelayanan kesehatan secara cepat.

  1. Pilih Faskes 24 Jam

Kita tidak pernah tahu kapan kita membutuhkan pelayanan kesehatan. Maka dari itu, siap melayani selama 24 jam menjadi kriteria wajib bagi klinik kesehatan. Dengan memilih faskes BPJS yang buka selama 24 jam, anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan kapan saja anda butuhkan.

  1. Pilih Klinik BPJS yang Melayani Rawat Inap

Jika memungkinkan, pilihlah faskes yang menyediakan layanan rawat inap, sehingga saat anda harus mendapatkan pelayanan rawat inap, tidak harus dirujuk ke rumah sakit yang lebih jauh.

  1. Pilih Faskes yang Memiliki Fasilitas Lengkap dan Standar

Hal ini penting anda lakukan, mengingat setiap faskes memiliki standar fasilitas yang berbeda. Jika anda ingin mendapatkan pelayanan terbaik, pilihlah klinik BPJS yang menyediakan fasilitas medis lengkap dan berstandar internasional.

  1. Pilih Faskes yang Menyediakan Klinik Gigi BPJS

Saat anda mendaftar BPJS, biasanya diminta untuk memilih klinik gigi. Tidak semua klinik BPJS menyediakan fasilitas dokter gigi. Maka dari itu, pastikan faskes yang anda pilih memiliki pelayanan dokter gigi, sehingga anda bisa mendapatkan layanan satu pintu dan tidak harus ke klinik lain untuk mendapatkan perawatan gigi.

Saat ini, pihak BPJS sudah menyediakan kemudahan akses layanan melalui aplikasi mobile JKN yang bisa anda unduh gratis. Aplikasi ini memudahkan anda dalam memantau layanan BPJS, status kepesertaan, jadwal iuran, bahkan jika anda ingin melakukan perubahan data peserta, atau pindah faskes.

Bagi anda yang tinggal di wilayah Badung dan sekitarnya, anda bisa mendaftar pada klinik yang ada di kawasan Canggu. Banyak klinik di Canggu yang memiliki standar pelayanan internasional yang menerima pasien BPJS.

Klinik Pratama Prima (Prime Plus Medical) salah satunya. Klinik ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan terbaik di Canggu. Klinik Pratama Prima menyediakan beragam layanan kesehatan, antara lain dokter yang siap melayani anda selama 24 jam, fasilitas gawat darurat, laboratorium medis, dan klinik gigi.

Klinik Pratama Prima juga melayani konsultasi kesehatan yang bisa anda manfaatkan menjadi mitra kesehatan rutin keluarga anda. Selain fasilitas kesehatan umum, klinik ini juga menyediakan layanan vaksinasi dan terapi vitamin IV untuk anda yang ingin mendapatkan tubuh yang lebih bugar dan prima setiap hari.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
× How can I help you?